Senin, 19 Januari 2015

Trik Mengoptimalkan Fungsi Kamera Smartphone


Hay sob, masih bersama di blog kesayangan kita yaitu looktutorial haha :p
Kali ini saya akan share tips mengoptimalkan fungsi kamera sobat..
Kamera ?? Yupz merupakan bagian yang mungkin penting pada sebuah handphone apalagi sekarang zamannya selfie dan lain-lain.
Tapi sobat harus tahu, kalau memfoto dan menggunakan kamera itu gak cuman di pegang, di pasin dengan objet saja tapi ada trik khusus untuk membuat kamera sobat itu optimal dan hasilnya pun juga mantap pastinya.
Langsung sajalah check this
Trik mengoptimalkan Fungsi Kamera Smartphone

Kebanyakan smartphone sekarang ini sudah memiliki opsi atau fitur HDR. Ketika sobat memakai fitur HDR, maka kamera anda sebenarnya sudah mengambil tiga foto dengan tiga exposure yang beda, yakni rendah, standard, dan tinggi. Kemudian program pada ponsel sobat akan menyatukan tiga foto tadi dan menjadikan gambar yang lebih tajam.

Tips penggunakan HDR:

Pengambilan gambar landscape. sobat akan mendapat warna langit, gedung, atau rerumputan yang lebih kaya, dengan kualitas gambar yang lebih jernih.
Kondisi backlight. Ketika sobat harus mengambil sebuah momen berharga, namun sinar matahari pada bagian belakang objek bersinar terlalu terang.
Remote Shutter

Di semua ponsel pintar, tombol shutter fisik sudah digantikan dengan tombol digital. Namun anda sadari atau tidak, tombol digital ini sebenarnya dapat digantikan dengan tombol fisik.

Pada Smartphone iOS dan Android umumnya dapat mengambil gambar dengan menekan tombol volume. Namun untuk Samsung Galaxy S4 dan LG G Flex, anda hanya perlu berkata “Chesse” untuk mengambil gambar, tanpa diharuskan menekan tombol sekalipun.

Screenshot :

Menentukan waktu yang tepat, tentunya akan menjadi suatu hal yang terbilang sulit dalam mengambil gambar. Tetapi hal ini dapat diakali dengan pemanfaatan fitur burst mode. Fitur ini sendiri telah tersedia pada setiap ponsel pintar yang beredar di pasaran saat ini.

Setiap ponsel juga memiliki fungsi yang beda:

Pada smartphone iPhone, anda tinggal men-tap dan menahan tombol shutter selama yang anda butuhkan. Maka Semua foto tsb akan tersimpan dalam satu thumbnail.
Pada smartphone Android (tergantung model), anda harus masuk ke opsi mode dan memilih Burst Mode pada menu tsb. Dan selanjutnya anda tinggal melakukan cara yang sama seperti di atas dan ponsel akan mengambil 20 gambar sekaligus secara langsung.
Mengunci fokus dan exposure

Memotret objek bergerak adalah salah satu tantangan berat dalam mengambil gambar memakai smartphone. Karena fokus dari ponsel ini akan berubah, tergantung pada objek yang sedang bergerak. Namun ada satu cara bagus yang bisa membuat kamera ponsel kita untuk tetap fokus dan exposure tetap terkontrol.

Sobat tinggal men-tap layar dan tahan di satu objek saja. Sesudah itu, fokus dan exposure tidak akan berubah, meskipun objek yang anda bidik sedang bergerak.

Yaa semoga dengan adanya tips ini sobat kalau foto hasilnya bisa makin bagus.
Apalagi sekarang ada aplikasi kamera DSLR hadir di android.

0 komentar :

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.